Tersesat Masuk Surga

Abu Tolhah R.A.



Anas R.A. salah seorang sahabat Nabi SAW meriwayatkan tentang Abu Tolhah r.a sahabat Nabi SAW yang hartawan-dermawan. Kira-kira berikut ini seperti dituliskan Imam Nawawi dalam kitab Riyadlus Solihin: Abu Tolhah di Madinah dikenal sebagai pemilik banyak perkebunan kurma. Diantara kebun kurma yang paling strategis, paling mahal, paling bagus, paling luas, dan sebagainya yang dimiliki Abu Tolhah yakni kebun Bairuha. Letaknya persis di hadapan Masjid Nabawi. Airnya begitu jernih sehingga bahkan Nabi SAW pun sering meminumnya. Beberapa saat kemudian, turunlah ayat 92 dari surat Ali Imron yang artinya kurang lebih “Tidaklah kalian akan mencapai kebaikan hingga kalian menginfakkan apa yang kalian sukai..” Mendengar turunnya ayat tersebut, Abu Tolhah langsung menghadap Nabi SAW.

 

“Wahai Rasulullah, sungguh Allah telah menurunkan ayat (yang artinya) “Tidaklah kalian akan mencapai kebaikan hingga kalian menginfakkan apa yang kalian sukai..”. Dan sungguh, Kebun Bairuha adalah harta yang paling saya sukai, paling saya cintai. Maka, Kebun Bairuha saya infakkan kepada Allah. Sungguh saya berharap memperoleh kebaikan dan simpanan pahala dari Allah. Mohon Rasulullah sesuai dengan petunjuk Allah, membagikannya,” kata Abu Tolhah. 

 

“Bagus sekali, sungguh menguntungkan. Telah aku dengar perkataanmu. Hendaklah Kebun Bairuha engkau bagikan kepada sanak kerabatmu,” begitulah kira-kira jawab Rasulullah SAW. Sesuai dengan saran Nabi SAW, Abu Tolhah RA pun membagi-bagikan Kebun Bairuha kepada sanak-kerabatnya, termasuk kepada putra-putra pamannya. Walloohu a’lam



 

(K.H. Muhammad Fuad Riyadi)

0 Komentar untuk "Abu Tolhah R.A."

Back To Top